728x90
Info Tour Bali ! Gratis Komodo Tshirt Untuk Anda ! Cari Tau Caranya !

Baca Panduan Ini Sebelum ke Pulau Komodo !

Pulau Komodo ! Pasti anda pernah mendengar tentang pulau ini, ya benar pulau komodo sudah begitu terkenal di Indonesia bahkan namanya sudah begitu dikenal di dunia !

Pulau Komodo

Menariknya, Pulau komodo ini terletak di bagian timur Indonesia ! Jadi kamu harus bangga sebagai warga negara Indonesia mempunyai Pulau Komodo.  Tak hanya itu saja kamu juga harus senang dan lebih berbangga karena pulau komodo masuk dalam 7 keajaiban alam dunia ! keren kan :)

Tak sampai disitu saja, Pulau Komodo juga menjadi habitat bagi hewan purba langka yang masih hidup sampai saat ini, yaitu Komodo !

Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis[1]), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.[2] Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.[3] Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Sumber Wikipedia 

Pulau Komodo Dan Sejarahnya

Sejarah Pulau Komodo

Keberadaan Komodo di Pulau komodo ditemukan sekitar tahun 1911 oleh seorang belanda. Saat itu dia tidak sengaja melakukan perburuan di Pulau ini, lalu bertemu dengan komodo dan kemudian mendokumentasikan dalam bentuk foto.

Hasil foto tersebut di publikasikan di museum zoologi Bogor, dan pada tahun 1912 dokumentasi itu dipublikasikan secara luas hingga ke luar negeri. Tak lama berita tentang keberadaan biawak raksasa ini tersebar ke suluruh penjuru dunia.

Dari situ banyak ilmuan dari seluruh penjuru dunia datang untuk melakukan penelitian ilmiah, berikut ini rekam jejak yang kami kutip dari Loh Liang (Taman Nasional Komodo) tentang eksistensi komodo di pulau ini.

  • 1911 Penemuan Komodo oleh J.K.H Van Steyn
  • 1912 Pemberian nama ilmiah Varanus Komodoensis oleh P.A. Owens
  • 1912 SK. Sultan Bima tentang perlindungan Komodo
  • 1926 SK. Pemda Manggarai perlindungan Komodo
  • 1930 SK. Residen Flores perlindungan Komodo
  • 1931 Komodo Tercantum dalam daftar satwa yang mutlak dilindungi dalam UU Perlindungan binatang liar
  • 1938 Pembentukan Suaka Marga Satwa P. Rinca dan P.Padar
  • 1965 Pembentukan Suaka Marga Satwa Pulau Komodo
  • 1980 Pembentukan Taman Nasional Komodo
  • 1991 Penunjukan sebagai Warisan alam dunia oleh UNESCO
  • 1992 Komodo sebagai satwa nasional kepres No.4 Tahun 1992
  • 2013 Taman Nasional Komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban alam dunia

Tak hanya sejarah ilmiah saja yang tercatat di Loh Liang ! anda juga perlu mengetahui cerita rakyat atau legenda tentang keberadaan komodo di pulau tersebut. Kisah ini bahkan anda bisa baca saat mengunjungi Loh Liang, ada sebuah banner yang menceritakan tentang asal muasal komodo.

Legenda dan Cerita Rakyat Tentang Komodo

Legenda Komodo di Pulau Komodo

Diceritakan pada zaman dahulu kala hiduplah seorang putri yang diberi nama Putri Naga yang hidup dan tinggal di sebuah pulau. Kemudian sang putri menikah dengan seorang pemuda dari seberang yang  bernama Moja.

Tak lama kemudian sang putri hamil dan melahirkan anak kembar 2 (dua) berjenis kelamin laki-laki. Namun kedua anak kembar tersebut mempunyai bentuk yang berbeda. Satu berbentuk manusia dan satu lagi berbentuk kadal. Hal ini membuat putri naga dan moja malu !

Kemudian bayi yang berbentuk kadal dan diberi nama ‘Orah’ tersebut diasingkan di sebuah hutan di pulau yang berbeda. Sedangkan bayi manusia diasuh dan diberi nama ‘Gerong’.

Hari berlalu dan tahun demi tahun berganti Gerong bertumbuh menjadi seorang pemuda yang tangkas dan gagah berani. Di ceritakan suatu saat Gerong hendak berburu rusa disebuah hutan, dan dia bertemu dengan sebuah kadal raksasa.

Gerong lantas mengejar kadal raksasa itu dan hendak membunuhnya dengan tombak. Tiba-tiba, si Putri Naga muncul dan mencegah Gerong menghunuskan tombaknya ke arah kadal raksasa tersebut.

Si Putri Naga memberitahu Gerong bahwa kadal raksasa itu adalah komodo yang merupakan saudara kembar Gerong. Selepas dari kejadian itu, masyarakat sekitar memperlakukan komodo itu dengan baik.

Komodo hidup di hutan dengan berburu hewan lain seperti rusa, kambing atau babi hutan. Kadal raksasa itu pun hidup berdampingan dengan penduduk lokal yang hidup tinggal di Pulau Komodo sampai saat ini.

Panduan & Tips Saat Mengunjungi Pulau Komodo

Jika memutuskan untuk berlibur ke Pulau Komodo maka ada baiknya untuk membaca beberapa panduan dan tips yang kami rangkum untuk anda yang bisa menjadi referensi dan masukan agar liburan anda di pulau komodo dan rinca bisa berjalan dengan aman dan menyenangkan.

1. Perhatikan dan Turuti Instruksi Dari Ranger !

Ranger di Pulau Komod

Ranger sendiri adalah penjaga hutan dan Taman nasional komodo, mereka juga berfungsi sebagai pemandu wisata bagi para turis yang datang berkunjung. Prinsipnya mereka paham betul dengan prilaku dan tingkah komodo serta bagaimana cara aman agar bisa berdiri dari jarak dekat dengan komodo.

Jika anda berwisata ke Taman Nasional Komodo ataupun Pulau Rinca, maka anda akan diajak untuk melakukan Trekking guna melihat dari dekat kehidupan liar komodo ! Biasanya sebelum trekking berlangsung, Ranger akan memberikan instruksi serta arahan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat trekking berlangsung.

Tolong anda perhatikan dan dengar dengan baik setiap instruksi dan arahan si ranger ! Ini berguna untuk keselamatan anda sendiri ! sekali lagi !! tolong perhatikan dengan seksama dan jika ada pertanyaan jangan ragu untuk bertanya sebelum anda mulai trekking.

2. Selalu Berjalan di Belakang Ranger 

Pulau Komodo -Ranger

Setelah mendengarkan arahan dan instruksi ranger sebelum trekking, ada baiknya anda berjalan di belakang ranger saat melakukan short, meduim ataupun long trekking !

Jangan pernah berpikir ataupun bertindak konyol dengan jalan mendahului Ranger ! hal ini sangat berbahaya, meskipun anda sudah pernah ataupun sering berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Selain anda tidak paham mengenai track dan medan, di Pulau Komodo juga tersebar sekitar 5.000 ekor komodo ! perlu digaris bawahi Air Liur Komodo menyimpan ribuan bakteri mematikan dan sangat berbahaya jika anda sampai digigit oleh komodo.

Jadi bersikap normal dan selalu berada di belakang ranger anda.

3. Jangan Membuat Gerakan Tiba-tiba Ataupun Berteriak .

Pulau Komodo

Biasanya saat melakukan trekking di Taman Nasional Komodo anda akan bertemu dengan komodo yang sedang berjalan kearah anda, maka ikuti saja instruksi dan arahan yang diberikan oleh Ranger ! Jangan pernah berpikir untuk membuat gerakan tiba-tiba ataupun berteriak histeris karena melihat komodo !

Gerakan tiba-tiba disini adalah loncat atau menghindar medadak, padahal komodo masih jauh ! karena komodo akan menganggap anda adalah mangsa yang patut untuk di buru.

Bersikaplah normal dan selalu berada dibelakang ranger anda !

4. Jangan Berlari ataupun Melambaikan Benda Apapun !

pulau komodo jangan berlari saat melihat komodo

Ketika bertemu atau melihat Komodo jangan terpikir untuk berlari terbirit birit atau ketakutan ! karena bisa dipastikan anda akan dikejar oleh Komodo ! Jangan salah loh, Komodo berlari sangat kencang saat mengejar mangsanya.

Berusaha tetap tenang dan santai saat berada dekat dengan komodo !

Di sana, Anda juga dilarang melampaikan benda apapun, seperti topi, syal, dan kain.

Bahkan jika anda mengenakan Jilbab, ada baiknya kain sisa jilbab anda yang berada di dada dan belakang di jepit dengan jarum atau peniti agar tidak melambai saat tertiup angin

Karena komodo melihat itu sebagai daging yang diayunkan. Ia pun akan berlari cepat menghampiri Anda.

5. Hindari Berkunjung Saat Menstruasi (Siklus Bulanan Perempuan)

Hindari ke Komodo saat menstruasi

Traveller wanita ada baiknya untuk menghindari berkunjung ke Taman Nasional Komodo saat tengah datang bulan atau menstruasi. Hal ini dikarenakan Komodo sangat sensitif dalam mencium bau darah ! Konon binatang purba ini bisa mengendus bau darah dari jarak 5 Kilometer !!!! woowww

Hal ini sedikit beresiko jika anda bertemu dengan komodo saat melakukan trekking, pasalnya komodo akan bertindak aktif.

Namun bukan berarti anda tidak boleh sama sekali berkunjung ! jika anda tetap ingin berkunjung ke Pulau Komodo, ada baiknya memberitahukan kondisi anda kepada Ranger ! biasanya ada perhatian khusus kepada anda oleh sang ranger.

6. Hidari Berkunjung Saat Musim Hujan 

komodo island

Bagi Traveller yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Pulau Komodo ada baiknya untuk menghindari saat musim hujan. Sebenarnya hal ini lebih kepada kenyamanan anda saat trekking. Sebab rute trekking akan basah dan becek sehingga anda kurang nyaman saat berwisata ke Pulau Komodo.

Selain itu saat mendaki akan terasa lebih sulit dan perlu extra hati-hati karena jalanan basah dan licin, yang dapat membuat anda terjatuh atau terperosok.

Jikapun anda harus berkunjung saat musim hujan, ada baiknya anda lebih waspada.

Itu tadi 6 point tips dan paduan bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo baik di Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca.

Cara Mengunjungi Taman Nasional Komodo 

Sudah bulatkan tekad untuk berkunjung ke Taman Nasional Komodo ? Maka selanjutnya anda perlu tau akses untuk berwisata ke Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Pulau Komodo 2

Pada dasarnya tidak ada alat transportasi umum seperti Ferry ataupun Publik Boat yang mempunyai jadwal tetap mengunjungi Taman Nasional Komodo. Hanya ada dua pilihan untuk dapat berkunjung yaitu dengan Menyewa Boat / kapal nelayan atau dengan cara mengikuti Paket Komodo Tour.

Pilihan Pertama yaitu anda bisa menyewa kapal nelayan yang bersandar di Labuan Bajo, tidak ada patokan harga pasti semua tergantung jenis kapal dan pintarnya anda bernegosiasi harga !

Sedangkan pilihan Kedua anda bisa mengikuti Paket Komodo Tours ! Kami menyediakan beragam Paket Wisata ke Pulau Komodo. Kami juga menyediakan Paket Tour ke Pulau Rinca dan Komodo dalam satu hari perjalanan !

Kami siap memabantu anda untuk mewujudkan liburan anda ke Pulau Komodo ! Jangan pernah ragu untuk menghubungi kami. Pelayanan yang memuaskan dan harga yang kompetitif kami berikan untuk anda.

Ayo berkunjung ke Taman Nasional Komodo & Sampai Jumpa di Labuan Bajo !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *